KRA VIII



KONFERENSI REGIONAL AKUNTANSI (KRA) VII TAHUN 2021

UNIVERSITAS ISLAM SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG


        Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) dideklarasikan pada tanggal 25 September 2015 di Kantor Pusat PBB New York oleh 193 negara sebagai komitmen Agenda Pembangunan Global. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan kelanjutan dan penyempurnaan dari Tujuan Pembangunan Milenium atau Millennium Development Goals (MDGs) yang sudah dilaksanakan selama periode 2000-2015. SDGs memiliki 17 target tujuan dan 169 target yang terukur, yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030 (SDG2030Indonesia). SDGs juga berlaku untuk seluruh negara secara universal sehingga seluruh negara memiliki andil dalam pencapaian tujuan dan target-target SDGs. 

       SDGs diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan atau “No-one Left Behind”. Prinsip ini menekankan akan keterlibatan dari seluruh aktor pembangunan selain Pemerintahan yakni Civil Society Organization (CSO), sektor swasta, akademisi, dan lain-lain. Dalam rangka pencapaian tujuananya selain peran pemerintah, SDGs juga melibatkan aktor-aktor pembangunan masyarakat lainnya untuk berkontribusi dalam mengakhiri masalah-masalah global. Selain kontribusi masyarakat, prinsip Leave No One Behind juga berarti target pencapaian SDGs harus dapat menjawab permasalahan masyarakat yang tertinggal. Dalam rangka mencapai tujuan SDGs tersebut diperlukan strategi dan langkah-langkah yang melibatkan seluruh pihak, baik pemerintah, swasta maupun masyarkat secara luas. Salah satu cara mencapai tujuan SDGs ialah dengan tranformasi organisasi baik pemerintah maupun swasta. Transformasi organisasi merupakan suatu strategi dan implementasi untuk membawa organisasi dari bentuk dan sistem yang lama ke bentuk dan sistem yang baru dengan menyesuaikan seluruh elemen turunannya (sistem, struktur, people, culture) dalam rangka meningkatkan efektivitas organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan selaras dengan tujuan SDGs serta visi dan misi organisasi/perusahaan. Untuk mencapai 17 tujuan SDGs tersebut, maka diperlukan berbagai riset dan artikel penelitian serta review komprehensif di bidang yang terkait dengan pembangunan berkelanjutan/SDGs yang dapat berkontribusi untuk meningkatkan pemahaman dan mendorong inisiatif dan tindakan aplikatif serta aktivitas berbasis sustainability.   

        Konferensi Regional Akuntansi (KRA) merupakan acara Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) yang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. KRA menjadi wadah bagi para akademisi dan praktisi untuk melakukan dan mendiskusikan kajian-kajian empiris maupun praktis di ranah disiplin ilmu akuntansi dan keuangan. KRA bertujuan untuk menyediakan sarana bagi akademisi dan praktisi dalam melakukan kajian ilmiah mengenai keilmuan, utamanya di Bidang Akuntansi. KRA dilaksanakan berkelanjutan setiap tahun dengan berbagai macam tema yang diusung masing-masing oleh Perguruan Tinggi di Jawa Timur. Konferensi Regional Akuntansi (KRA) VIII Tahun 2021 akan diselenggarakan di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengusung tema “Transforming Organizations for Sustainable Development Goals” Panggah Mening!

SEKTOR PRIVATE
  1. Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal (AKPM)
  2. Akuntansi Manajemen dan Keprilakuan (AKMP)
  3. Sistem Informasi, Pengauditan, dan Etika Profesi (SIAEP)
  4. Perpajakan (PPJK)
  5. Akuntansi Syariah (AKSR)
  6. Pendidikan Akuntansi (PAK)
  7. Corporate Governance, CSR dan Fraud & Forensic Accounting (CG)
SEKTOR PUBLIK
  1. Akuntansi Keuangan (ASPAK)
  2. Akuntansi Manajemen (ASPAM)
  3. Sistem Informasi dan Auditing (ASPSIA)
  4. Good Governance (ASPGG)
TANGGAL PENTING
  1. Tanggal Batas Akhir Penerimaan Paper: Minggu, 15 Agustus 2021
  2. Pengumuman Paper Lolos Seleksi: Jumat, 10 September 2021
  3. Batas Waktu Konfirmasi Keikutsertaan Peserta yang Lolos Seleksi: Jumat, 24 September 2021
  4. Pelaksanaan KRA VIII: Rabu - Kamis, 06 - 07 Oktober 2021

BENEFIT PESERTA
  1. Sertifikat dengan kredit poin (SKP)
  2. Seminar kit, snack dan makan siang (Offline)
  3. Kesempatan publikasi pada jurnal terakreditasi nasional (Sinta 2) atau jurnal internasional bereputasi (Emerald Publishing)
  4. Semua paper yang diterima akan dipublikasikan dalam jurnal yang tergabung dalam aliansi jurnal akuntansi IAI KAPd
  5. Hadiah Rp 5.000.000,- bagi paper terbaik


KETENTUAN PENULISAN
  1. Paper harus sesuai dengan bidang kajian Konferensi Regional Akuntansi (KRA) VIII Tahun 2021.
  2. Paper harus ditulis sesuai dengan petunjuk penulisan pada website: https://www.iaijawatimur.or.id/kompartemen/kompartemen-iai-kapd-jatim/kra-viii pada menu “Tata Tertib dan Panduan Pengunggahan Paper KRA VIII Tahun 2021”. 
  3. Penulis wajib mengirim softcopy Paper-nya ke http://kra.iaijawatimur.or.id/index.php/kra/kra8 paling lambat pada Minggu, 15 Agustus 2021.
  4. Pengumuman Paper lolos seleksi pada Jumat, 10 September 2021.
  5. Penulis yang lolos seleksi harus mempresentasikan ringkasan Paper dalam bentuk MS‐Power Point maksimal 10 slide.
  6. Peserta yang lolos seleksi harus melakukan pendaftaran untuk mengikuti presentasi.
OFFLINE
  • Umum: Rp 750.000,-
  • Anggota IAI: Rp 500.000,-
ONLINE
  • Umum: Rp 450.000,-
  • Anggota IAI: Rp 300.000,-
INFORMASI PENDAFTARAN

Sekretariat IAI Wilayah Jawa Timur

Grha IAI Jatim, Jl. Krukah Utara No. 64 Surabaya, Email: iaikapdjatim@gmail.com

Telp 031-5021125/5048090, Fax. 031-5034633.

Hot Line: Sdr. Farah: 082257317728

Sekretariat Jurusan Akuntansi FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46, Tulungagung, Jawa Timur

Hot Line:  Sdri Firda Zulfa : 085649569989

WEBSITE: 

https://iaijawatimur.or.id

https://febi.iain-tulungagung.ac.id/

http://www.iain-tulungagung.ac.id/





    Registrasi Peserta                           


Registrasi Undangan

ALIANSI JURNAL
 CO-HOST KRA VII 
 UNDANGAN VIP 
UNDANGAN DEKAN
SPONSORSHIP

Prosiding/Book Abstract KRA


KRA VIII: Rabu - Kamis, 06 - 07 Oktober 2021

Rundown Acara
Flyer