WORKSHOP PENGHITUNGAN DAN PELAPORAN KEUANGAN IMBALAN KERJA BERDASARKAN PSAK 24 (Suatu Catatan Penting Bagi Akuntan Publik, Manajemen dan Aktuaris)

Periode : 24 Feb 2020 - 24 Feb 2020
Jadwal Hari: Senin, 24 februari 2020
Pukul : Pukul 08.30-16.30 WIB

Workshop

PENGHITUNGAN DAN PELAPORAN KEUANGAN IMBALAN KERJA BERDASARKAN PSAK 24 

(Suatu Catatan Penting Bagi Akuntan Publik, 

Manajemen dan Aktuaris) 

  

PSAK 24 tentang Imbalan Kerja mengatur tentang akuntansi dan pengungkapan imbalan kerja. Imbalan kerja meliputi : Imbalan Jangka Pendek, Imbalan Pasca Kerja, Imbalan Jangka Panjang Lainnya dan Pesangon. Sedangkan Imbalan Pasca Kerja sendiri meliputi: a). imbalan purna karya (contohnya pensiun dan pembayaran lump sum pada purna karya); dan b). imbalam pasca kerja lain, seperti asuransi jiwa pasca kerja, dan fasilitas pelayanan kesehatan pasca kerja. Dalam memenuhi kewajibannya untuk memberikan imbalan pasca kerja ini ada yang didanai dan ada yang tidak didanai, umumnya perusahaan menggunakan pihak ketiga, yaitu asuransi atau dana pensiun untuk mengelola dananya guna memenuhi kewajiban perusahaan dalam memenuhi imbalan pasca kerja bagi karyawannya. 

Semakin semaraknya pembahasan mengenai Lembaga Asuransi di Media Masa, maka mendorong kami untuk mengadakan workshop yang membahas tuntas tentang Imbalan Kerja dengan berbagai aspeknya dan juga menghadirkan Akuntan Publik dan Aktuaris sebagai pembicaranya dan mempertemukan dengan Manajemen Perusahaan untuk dapat berdiskusi bersama yang berkaitan dengan Imbalan kerja baik mengenai akuntansinya maupun pengungkapannya dalam laporan keuangan serta hal lainnya.

Selain dari itu dengan hadirnya Akuntan Publik, Manajemen Perusahaan dan Aktuaris, dapat membahas mengenai data dan informasi apa saja yang seharusnya disampaikan manajemen perusahaan kepada aktuaris dan bagaimana secope tugas auditor terkait dengan hasil perhitungan aktuaris yang diterima dari perusahaan yang telah menggunakan jasa aktuaris dalam menghitung kewajiban imbalan kerjanya.

Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Jawa Timur bekerjasama dengan Institut Akuntan Publik  Korwil Jawa Timur dan Kalimantan menyelenggarakan Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) Workshop dengan tema Penghitungan dan Pelaporan Keuangan Imbalan Kerja Berdasarkan PSAK 24 (Suatu Catatan Penting Bagi Akuntan Publik, Manajemen Perusahaan dan Aktuaris)  

 Pokok Bahasan:

  • PSAK 24-Imbalan Kerja
  • Imbalan kerja jangka pendek
  • Imbalan pascakerja: perbedaan antara program iuran pasti dan program imbalan pasti
  • Imbalan pascakerja: program iuran pasti
  • Imbalan pascakerja: program imbalan pasti
  • Imbalan kerja jangka panjang lain
  • Pesangon
  • Apa saja yang dapat diperhitungkan dalam perhitungan aktuaris?
  • Data dan informasi apa saja yang dibutuhkan oleh aktuaris dalam menghitung post employment benefits?
  • Perbedaan Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP) dan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP),
  • Perbedaan yang didanai dan tidak didanai
  • Keikutsertaan dalam program asuransi apa saja yang dapat diperhitungkan dalam perhitungan aktuaris?
  • Faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan pendanaan post employment benefit?
  • Jenis-jenis manfaat yang bisa diperhitungkan sebagai bagian dari post employment benefit berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
  • Review laporan dan kertas kerja aktuaris oleh Akuntan Publik berdasarkan Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP).
  • Implikasi akuntansi program pensiun yang underfunded.
  • Pengungkapan pada Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK).

Pembicara:

  1. Mourits Rompah, FSAI. (Aktuaris dan konsultan senior di bidang imbalan kerja, dana pensiun dan asuransi umum di PT. Dayamandiri Dharmakonsilindo, sebuah perusahaan konsultan aktuaria; Anggota Persatuan Aktuaris Indonesia, Aktuaris Beregister di OJK dan Aktuaris Publik berizin dari PPPK)
  2. Marisi P Purba, SE., Ak., MH.,  CA., ASEAN CPA. (Praktisi Akuntansi; Penulis Buku Akuntansi & Audit; Akademisi di Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) UNPAD, UNISBA & UK Maranatha; Manajer Risk Management di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk; Pernah bekerja menangani pilot project penerapan IFRS pertama sekali PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk,  Pernah bekerja sebagai auditor di KAP Andersen dan Grant Thornton International; Pernah bekerja Sebagai Dewan Review Mutu Akuntan Publik; Pengurus Serikat Karyawan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (SEKAR TELKOM), Pengurus IAI Wilayah Jawa Barat dan Anggota Komite Pendidikan dan Pelatihan IAPI).

Moderator: 

Endang Pramuwati, SE, M.Ak., CA., CPA. (Ketua Bidang Pendidikan dan Sertifikasi IAI Wilayah Jawa Timur, Anggota Komite Pendidikkan dan Pelatihan IAPI , Partner KAP Amir Abadi Jusuf, Aryanto Mawar dan Rekan-RSM Indonesia).

Waktu dan Tempat Pelaksanaan:

Hari/tanggal               : Senin, 24 Februari 2020

Waktu                         : Pukul 08.30-16.30 WIB

Tempat                       : Hotel Grand Mercure Surabaya

                                      Jl. Ahmad Yani No.71, Margorejo, Kec. Wonocolo, Surabaya

Jumlah SKP              : 8 SKP

Investasi                     : Anggota IAPI & IAI : Rp 1.000.000

                                      Anggota Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) : Rp 1.000.000

                                      Perusahaan minimal mendaftar 3 orang: Rp 1.200.000/Orang

                                      Umum: Rp 1.400.000

Pembayaran  Pembayaran dapat ditransfer ke:

Rekening IAI                                                                                                                                             Bank Mandiri Syariah no rekening: 750.000.7898 a.n Ikatan Akuntan Indonesia Jatim

Info                                : IKATAN AKUNTAN INDONESIA WILAYAH JAWA TIMUR

                                       Grha Akuntan Jatim                                                                                                                                  Jl. Krukah Utara No. 64 Surabaya                                                                                                             Telp (031) 5021125/ 5048090/ 082257317728                                                                                    Fax: (031) 5034633 Email: info@iaijawatimur.or.id                                                                               website: www.iaijawatimur.or.id