Profil IAI Wilayah Jawa Timur

IKATAN AKUNTAN INDONESIA WILAYAH JAWA TIMUR



IAI Wilayah jawa timur merupakan organisasi profesi yang menaungi akuntan di Jawa Timur yang terdiri dari beberapa kompartemen diantaranya kompartemen akuntan publik, kompartemen akuntan pendidik, kompartemen akuntan sektor pajak dan kompartemen akuntan sektor publik.. IAI Wilayah Jawa Timur memiliki visi dan misi menjadi organisasi profesi terdepan, sebagai agen perubahan dalam pengembangan pengetahuan dan praktik bisnis, keuangan dan atestasi dengan cara Memelihara integritas, komitmen dan kompetensi dalam mengembangkan manajemen bisnis dan publik yang berorientasi pada etika, tanggung jawab dan lingkungan hidup dan mengembangkan pengetahuan dan praktik bisnis, keuangan, atestasi dan akuntansi bagi masyarakat serta berpatisipasi aktif dalam mewujudkan good governance.

Anggota IAI Jawa TImur


Anggota IAI Wilayah Jawa Timur mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Jumlah anggota IAI Jawa Timur mengalami perkembangan pesat dari 511 anggota pada tahun 2011 menjadi 3.118 anggota pada tahun 2015 yang terdiri dari Anggota Utama, Anggota Madya dan Anggota Muda. IAI Wilayah Jawa Timur dalam melakukan kegiatannya mengakomodir peran akuntan di daerah melalui peran komisariat diantaranya komisariat Madura, komisariat Malang dan Komisariat Jember.

Ujian Standar Keahlian Akuntansi


IAI Wilayah Jawa Timur memiliki ujian standar keahlian akuntansi (USKA) pada tahun 2001. USKA dibentuk untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja pada level teknisi akuntansi yang bersumber dari pendidikan SMA/SMK, D1, D3 Akuntansi khususnya atau S1 Akutansi dituntut untuk memahami konsep akuntansi dan mampu menerapkaan dalam dunia bisnis dan industri. Pemahaman dan kemampuan tersebut harus dibuktikan dengan kepemilikan sertifikasi yang dikeluarkan oleh IAI Wilayah Jawa Timur melalui USKA. IAI Wilayah Jawa Timur memiliki tanggung jawab membimbing perkembangan akuntansi serta mempertinggi mutu pendidikan akuntan dan menjaga kompetensi melalui penyelenggaraan pendidikan profesional berkelanjutan khususnya akuntan yang berada di Jawa Timur.

Scripts