Halaman Pelatihan


PPL Online Merger, Akuisisi, Spin-off (Divestasi) & Pengelolaan Holding Company (dalam Perspektif Legal & Manajemen Risiko)

Periode : 27 Apr 2021 - 27 Apr 2021
Jadwal Hari: Selasa, 27 april 2021
Pukul : 08.30 - 12.30 WIB

Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) Online

Merger, Akuisisi, Spin-off (Divestasi) & Pengelolaan Holding Company (dalam Perspektif Legal & Manajemen Risiko)


Holding company di Indonesia dikenal dengan perusahaan grup, karena bentuk holding company di Indonesia pada umumnya dalam bentuk perseroan terbatas maka syarat dan ketentuan pendirian holding company tunduk kepada aturan dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Kelengkapan dokumen-dokumen dan langkah-langkah legal yang harus dipenuhi oleh suatu korporasi menjadi penentu sah atau tidaknya suatu transaksi merger, akuisisi dan spin-off. Aktivitas akuisisi biasanya akan berujung pada pembentukan holding company.

Terdapat beberapa keunikan pengaturan holding company di Indonesia. Salah satunya adalah bahwa di Indonesia, investment holding company adalah sesuatu yang tidak diperkenankan karena perusahaan induk tidak melakukan kegiatan usaha. Suatu perseroan terbatas tidak dapat hanya menjadi holding bagi perusahaan lain saja tanpa melakukan kegiatan usahanya sendiri yang nyata. Hal lain yang perlu mendapat perhatian adalah aktivitas parenting yang dilakukan oleh holding company, karena keberadaan holding company akan selalu diikuti dengan keberadaan subsidiary atau anak perusahaan.

 

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Timur mengadakan PPL Online dengan tema Merger, Akuisisi, SPIN OFF (Divestasi) dan Pengelolaan Holding Company (dalam Perspektif Legal & Manajemen Resiko) dengan tujuan memberikan pemahaman terkait aspek legal merger, akuisisi, spin-off (divestasi) bagi praktisi.

Pokok Bahasan:

  • Peraturan perundang-undangan yang mengatur merger, akuisisi dan spin-off.
  • Langkah-langkah yang harus ditempuh manajemen korporasi dalam melakukan merger, akuisisi dan spin-off.
  • Konsep holding company berdasarkan UU Perseroan Terbatas dan asas-asas hukum korporasi yang harus diperhatikan.
  • Mekanisme dan strategi parenting untuk holding company berdasarkan peraturan perundang-undangan di Indoneia.

Waktu Pelaksanaan

Hari/Tanggal   : Selasa, 27 April 2021

Waktu             : Pukul 08.30 - 12.30 WIB

Tempat            : Online Via Aplikasi Zoom

Jumlah SKP

4 SKP

 

Investasi

Pemilik Izin KJA                          : Rp 450.000,-

Anggota IAI/Dosen/Mahasiswa   : Rp 490.000,-

Umum                                          :Rp 590.000,-

 

Instruktur:

  • Prof. Dr. Soegeng Soetedjo, SE., Ak., CA. (Owner KJA Soegeng Soetedjo, Wakil Ketua Badan Kajian dan Sosialisasi Standar Akuntansi Keuangan IAI Wilayah Jawa Timur, Guru Besar Universitas Airlangga Surabaya).
  • Dr. Doni Budiono, S.T., S.E., Ak., S.H., M.H., M.S.A., CA. (Anggota Pengurus IAI Wilayah Jawa Timur Bidang Akuntan Pajak, Pimpinan Kantor Konsultan Pajak, Kantor Jasa Akuntansi, Kantor Advokat, Konsultan Hukum, Konsultan Hak Kekayaan Intelektual, Kuasa Hukum Pengadilan Pajak, Kurator dan Pengurus Doni Budiono & Rekan, Pengurus IAI KAKJA Pusat, Anggota IKPI, Anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), Anggota Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI), dan Anggota Asosiasi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual (AKHKI)).

 

IKATAN AKUNTAN INDONESIA WILAYAH JAWA TIMUR

Grha Akuntan Jatim

Jl. Krukah Utara No. 64 Surabaya

Telp (031) 5021125/ 5048090/ 082257317728

Fax: (031) 5034633 Email: info@iaijawatimur.or.id

Website: www.iai.jawatimur.or.id