Berita & Kegiatan IAI Wilayah Jawa Timur


DOWNLOAD MATERI

Kategori Artikel

Dosen Departemen Akuntansi FEB Unair Edukasi Kelompok Peternak SBS Farm, Magetan tentang Pengelolaan Keuangan

 

Pada tanggal 7 Oktober 2024, Para dosen departemen Akuntansi FEB Unair melakukan Pengabdian Masyarakat dengan kegiatan yang berjudul “Pelatihan Pelaporan Keuangan dan Analisisnya”. Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Departemen Akuntansi kali ini diketuai oleh Dr. Alfa Rahmiati, S.E., MM., Ak, BKP, CA, pengurus IAI KAPJ wilayah Jawa Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh para peternak SBS Farm, tokoh masyarakat desa dan pemerintah desa. Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan di kalangan peternak kambing dan domba. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam rangka mencapai target SDGs 4 (quality education) melalui pelatihan keuangan dan SDGs 8 (decent work and economic growth) yang terlihat dari peningkatan pemahaman dan kinerja para peternak.

“Kegiatan pelatihan pengelolaan keuangan ini adalah bentuk kepedulian dosen Departemen Akuntansi UNAIR. Ini merupakan upaya para akuntan dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pengelolaan keuangan, khususnya bagi kelompok ternak di Desa Sumbersawit,yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja kelompok peternak domba dan kambing” ujar Prof. Drs. Basuki, M.Com (HONS)., Ketua IAI Wilayah Jawa Timur, yang sekaligus bertindak sebagai pemateri pada acara tersebut. Pemateri lainnya dalam acara tersebut mengedukasi tentang aspek teknis pengelolaan dan pelaporan keuangan yang harus dilakukan. “Pembagian tanggung jawab, penyusunan anggaran, dan pencatatan transaksi menjadi poin yang harus dilakukan dalam pengelolaan keuangan,” ungkap pemateri 2, Amalia Rizki, S.E., M.Si., Ak, yang juga merupakan salah satu pengurus IAI Wilayah Jawa Timur.

Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Akuntansi UNAIR optimis bahwa dengan diadakannya kegiatan ini, para peternak di Desa Sumbersawit akan lebih memahami dan mampu mempraktikkan pengelolaan keuangan secara memadai. Pelatihan diharapkan dapat terus dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan, sebagai upaya meningkatkan kinerja peternak dan perekonomian daerah melalui pencatatan dan pengelolaan yang relevan.


 

 

   

   

 

 

 


Bagikan artikel ini :