Berita & Kegiatan IAI Wilayah Jawa Timur


DOWNLOAD MATERI

Kategori Artikel

PPL Online Workshop Kerta Kerja KJA (Kantor Jasa Akuntan)

PPL Online Workshop Kerta Kerja KJA (Kantor Jasa Akuntan)

Profesionalisme menjadi syarat utama bagi akuntan yang memiliki Kantor Jasa Akuntan (KJA). Sebab dengan profesionalisme yang tinggi kepercayaan klien terhadap KJA akan semakin meninggi. Profesional berarti tanggung jawab untuk berperilaku yang lebih dari sekedar memenuhi tanggung jawab yang dibebankan kepadanya dan lebih dari sekedar memenuhi undang-undang dan peraturan. Untuk menjalankan perannya yang menuntut tanggung jawab yang semakin tinggi, seorang akuntan KJA harus memiliki wawasan yang luas tentang kompleksitas organisasi modern. Dalam melaksanakan tugasnya, KJA memerlukan pengetahuan akuntansi serta memahami industri klien. KJA yang kompeten mempunyai pemahaman yang lebih baik atas laporan keuangan dan juga lebih mampu memberi penjelasan mengenai transaksi-transaksi yang terjadi dan memasukkannya ke dalam laporan keuangan, sehingga akan menghasilkan laporan keuangan yang andal dan akuntabel. Jasa KJA meliputi paling sedikit jasa pembukuan, jasa kompilasi laporan keuangan, jasa manajemen, akuntansi manajemen, konsultasi manajemen, jasa perpajakan, jasa prosedur yang disepakati atas informasi keuangan, jasa pendampingan laporan keuangan, jasa penyusunan laporan tata kelola perusahaan yang baik, dan/ atau jasa sistem teknologi informasi.

Salah satu cara melihat apakah KJA profesional atau tidak adalah bagaimana suatu KJA menyusun kertas kerja dalam mendampingi kliennya. Kertas Kerja KJA adalah merupakan dokumentasi langkah-langkah praktisi (KJA) dalam melaksanakan pendampingan pekerjaan tertentu yang berfungsi mendukung hasil akhir pekerjaan KJA sesuai dengan Standar Profesi Jasa Akuntansi dan Standar pengendalian Mutu Bagi Kantor Jasa Akuntansi.

Dalam rangka meningkatkan profesionalitas KJA, Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan (IAI KAKJA) Wilayah Jawa Timur menyelenggarakan workshop “Kertas Kerja KJA (Kantor Jasa Akuntan).


Bagikan artikel ini :