Pelatihan Cara Membaca Artikel Kuantitatif

Periode : 10 Oct 2020 - 10 Oct 2020
Jadwal Hari: Sabtu 10 oktober 2020
Pukul : 08.00-12.00

Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) Online

 Pelatihan Cara Membaca 

Artikel Kuantitatif

 

Seiring berkembangnya zaman, maka ilmu pengetahuan pun semakin berkembang. Ilmu pengetahuan tersebut dapat berkembang melalui informasi, komunikasi, dan cara-cara yang lain. Selain itu, ilmu pengetahuan juga dapat diperoleh dengan membaca. Kemampuan membaca merupakan sesuatu yang penting dalam memperoleh suatu informasi yang dituangkan melalui media tertulis. Seorang pembaca dalam memahami suatu tulisan yang merupakan hasil penelitian memerlukan konsentrasi karena membaca membutuhkan suatu daya nalar yang menuntut pembaca untuk menangkap sesuatu makna atau paparan yang disajikan dalam sebuah tulisan. Terdapat berbagai bentuk karya tulis hasil penelitian yang menarik untuk dibaca, salah satuya adalah artikel ilmiah. Artikel ilmiah disusun secara sistematis sehingga memudahkan pembaca untuk mengetahui bagian-bagian dari suatu karya tulis tersebut.

Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah dapat dibagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kuantatif & kualitatif. Artikel kuantitatif adalah tulisan yang menggunakan metode penelitian yang merupakan suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui (Kasiram (2008: 149). Dapat dikatakan juga bahwa artikel kuantitatif adalah tulisan yang menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan cara penyelidikan empiris sistematis dari fenomena yang dapat diamati melalui teknik statistik, matematika, atau komputasi. Kendala yang sering terjadi ialah dalam membaca artikel kuantitatif tersebut kita sering dibingungkan, bagaimana memahami artikel kuantitatif yang begitu banyak angka-angka atau data yang disajikan, sedangkan pemahaman pembaca masih sangat minim. Jika hanya membaca saja, maka setiap orang juga dapat melakukannya. Namun apabila pembaca ingin membaca suatu artikel kuantitatif sehingga artikel tersebut lebih mudah dipahami, maka diperlukan teknik-teknik tertentu. Teknik yang diperlukan pada saat itu adalah teknik membaca yang efektif dan efisien, yaitu membaca dengan cepat tetapi juga mampu memahami isi dari artikel yang telah dibaca.

Berdasarkan hal tersebut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Timur Bidang Akuntan Pendidik bekerja sama dengan Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga menyelenggarakan Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) Online Pelatihan Cara Membaca Artikel Kuantitatif.

Pokok Bahasan:

  • Overview Statistik sebagai dasar pengambilan keputusan
  • Mengenal teknik pengujian statistik
  • Cara membaca output statistik
  • Praktek membaca output artikel publikasi nasional
  • Praktek membaca output artikel publikasi internasional

 

Waktu Pelaksanaan

Hari/Tanggal   : Sabtu, 10 Oktober 2020

Waktu             : Pukul 08.00 - 12.00 WIB

Tempat            : Online Via Aplikasi Zoom

Jumlah SKP: 4 SKP

Pembicara:

Dr. Zaenal Fanani, SE., MSA., Ak., CA. (Wakil Ketua 5 Bidang Forum Dosen Akurtansi Perguruan Tinggi IAI KAPd dan Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya).

 

Investasi: Rp.

Anggota IAI//Dosen/Mahasiswa  : Rp 200.000,-

Umum                                                  : Rp 250.000,-

Pembayaran                                      : Pembayaran dapat ditransfer ke:


IKATAN AKUNTAN INDONESIA WILAYAH JAWA TIMUR

Grha Akuntan Jatim

Jl. Krukah Utara No. 64 Surabaya

Telp (031) 5021125/ 5048090/ 082257317728

Fax: (031) 5034633 Email: info@iaijawatimur.or.id

Website: www.iai.jawatimur.or.id