Halaman Pelatihan


Risk Based Internal Audit The Best Approach for Alligning With Strategies

Jenis Kelas : Online
Periode : 07 Mar 2023 - 08 Mar 2023
Jadwal Hari: Selasa - rabu, 07 - 08 maret 2023
Pukul : 13.00 - 16.30 WIB

Risk Based Internal Audit

The Best Approach for Alligning With Strategies

Audit Internal Berbasis Risiko memungkinkan pihak audit internal untuk memberikan kepastian pada manajemen bahwa proses pengelolaan manajemen risiko telah efektif. Pelaksanaan audit internal berbasis risiko ini tentunya bisa berbeda-beda antara satu organisasi dengan organisasi lainnya, tergantung dari kerangka kerja pengelolaan risiko milik masing-masing organisasi. Pengelolaan risiko di dalam organisasi menjadi salah satu faktor penting yang harus ditinjau sebelum melakukan audit internal berbasis risiko karena hal ini dapat menentukan kesiapan suatu organisasi untuk melaksanakan audit internal berbasis risiko.

Audit internal berbasis risiko dimulai dengan memeriksa risiko inheren yang dihadapi perusahaan, kemudian berusaha memperbaiki dan membingkai ulang kontrol sesuai dengan risiko apa yang paling mendesak dan memiliki potensi kerugian paling besar. Risk Based Audit memberi auditor peran yang lebih besar dalam program pengurangan risiko. Selain hanya mendiagnosa masalah, mereka juga merupakan bagian dari penciptaan kontrol yang efektif dan menjaga upaya manajemen risiko dari waktu ke waktu. The Chartered Institute of Internal Auditors (CIIA) menekankan pentingnya program manajemen risiko yang kuat sebelum melakukan audit semacam ini. Pendekatan Risk Based Audit dapat memerlukan pembaruan yang lebih sering daripada audit tradisional, namun hasilnya akan lebih spesifik untuk risiko yang ada dalam perusahaan pada waktu tertentu.

IAI Wilayah Jawa Timur menyelenggarakan PPL dengan tema Risk Based Internal Auditing The Best Approach for Alligning With Strategies dengan tujuan sebagai berikut:

Membuka wawasan bagi para internal audit melalui paradigma baru dan langkah-langkah praktis dalam melakukan audit.

Dapat memahami rincian dari seluruh proses audit internal berbasis resiko.

Mampu mengimplementasikan teknik-teknik yang digunakan dalam pengujian serta dapat melakukan review terhadap kertas kerja audit.

Mampu mengimplementasikan teknik-teknik penulisan laporan hasil audit sehingga mudah dipahami oleh manajemen serta pihak-pihak terkait.

Mampu menyelaraskan strategi-strategi yang direncanakan dengan pendekatan audit internal yang berbasis risiko

Pokok Bahasan

  • Relevant Standard
  • Governance; Risk Management; Control
  • Risk Management Framework
  • Risk Based Annual Plan
  • Risk Based in Engagement Planning Risk
  • Based in Performing the Engagement Risk
  • Based in Communication Result
  • Aligning Strategy with a Risk-Based Internal Audit Approach
  • Comprehensive Case Study

 

Waktu Pelaksanaan

Hari/Tanggal  : Selasa-Rabu, 07 - 08 Maret  2023

Waktu             : Pukul 13.00 - 16.30 WIB

Tempat            : Online via Zoom

Jumlah SKP    : 8 SKP

 Narasumber

Heru Widagdo, CIA., CGAP., CCSA., CRMA., CFSA., CA., QIA., Ak., SE., MM. (Direktur Mitra Prima Consulting (Konsultan Internal Audit, Konsultan Bisnis, Pengendalian Internal, Manajemen Resiko, Pencegahan Fraud & Audit Investigatif), CEO Institute of Internal Audit (IIA) Indonesia Tahun 2015, Anggota Dewan Pengurus Sertifikasi Qualified Government Internal Auditor (DS-QGIA), Auditor BPKP (Auditor di BPKP Periode Tahun 1985 – 2014), Dosen Akuntansi di Universitas Diponegoro Semarang).

Investasi

Anggota IAI/Dosen: Rp 560.000

Umum: Rp 750.000

Kolektif Min. 3 Peserta: Rp 650.000