Internal Audit Course and Fraud Detection

Kelas : Reguler
Periode : 15 Jan 2019 - 15 Apr 2019
Jadwal Hari: Internal audit & fraud detection 15 januari 2019
Pukul : 18.30 – 21.00

Setiap organisasi pasti menginginkan agar kegiatan operasionalnya dapat berjalan secara efektif dan efisien serta mampu mencapai tujuan organisasi. Agar hal ini dapat diraih, maka organisasi perlu melaksanakan audit internal secara berkala yang bertujuan untuk mengukur keefektifan sistem manajemen yang ada saat ini. Kegiatan audit internal akan memberikan informasi faktual dan obyektif yang meliputi semua aspek operasional organisasi, baik secara keseluruhan ataupun hanya satu bagian, kepada pihak manajemen sehingga mampu membuat keputusan yang tepat dalam menghadapi resiko dan peluang yang ada. Selain itu, juga memberikan rekomendasi perbaikan bagi kegiatan operasi organisasi yang ada saat ini.
Fraud auditing atau audit kecurangan adalah upaya untuk mendeteksi dan mencegah kecurangan dalam transaksi-transaksi komersial. Untuk dapat melakukan audit kecurangan terhadap pembukuan dan transaksi komersial memerlukan gabungan dua keterampilan, yaitu sebagai auditor yang telah terlatih baik dan criminal investigator


Langkah selanjutnya adalah melakukan Audit Investigatif (Fraud Examination) adalah suatu metodologi untuk menyelesaikan dengan jelas, permasalahan yang berkaitan dengan adanya indikasi tindak kecurangan dari awal sampai akhir. Lebih khususnya, Pemeriksaan Investigatif meliputi upaya untuk mendapatkan berbagai bukti-bukti dan pernyataan-pernyataan, memberikan kesaksian, penulisan laporan, dan membantu dalam pendeteksian dan pencegahan tindak kecurangan. Sehingga sebagai internal auditor yang handal, akuntan maupun non akuntan harus mampu memeriksa kondisi kesehatan organisasi sehingga organisasi dapat menghadapi tantangan berikutnya.

“Pelatihan ini dibuat untuk memahami pentingya pengendalian internal pada sebuah organisasi untuk mencegah dan mendeteksi adanya kecurangan, membedakan antara kecurangan & kesalahan dan beberapa hal mendasar dalam pengendalian internal.”

PESERTA YANG TEPAT

  • Para praktisi (staf perusahaan, pegawai pemerintah, akuntan, auditor)
  • Para akademisi (pelajar, mahasiswa, dosen)
  • Para Pengusaha
  • Khalayak umum yang memerlukan pemahaman tentang pentingnya audit internal dalam sebuah organisasi dan hal pokok dalam sistem pengendalian internal untuk mencegah dan memberikan deteksi dini adanya kecurangan dan kesalahan dalam sebuah organisasi.

POKOK BAHASAN

  1. Pengantar dan Perkembangan Internal Audit
  2. Perencanaan, Program dan Prosedur Audit
  3. Pekerjaan Lapangan dan Teknik Audit Internal
  4. Value Added Auditing
  5. Laporan Internal Audit
  6. Audit Tindak Lanjut
  7. Fraud Auditing
  • Instruktur yang berpengalaman dan kompeten
  • Instruktur dari kalangan praktisi
  • Semua materi disesuaikan dengan perkembangan auditing terbaru
  • Peserta dapat mendiskusikan permasalahan yang ada di perusahaannya
  • Sertifikat kelulusan dari IAI
  • Memiliki Izin dari Depdiknas No. 139/1.851.47. Izin Depdiknas merupakan landasan legal setiap penyelenggara kursus


Anggota IAI/Mahasiswa/Alumni :
Rp. 2.400.00
Non Anggota/Umum :
Rp. 2.600.000


PEMBAYARAN

Pembayaran biaya secara Transfer ke rekening sebagai berikut:

Rekening a/n Ikatan Akuntan Indonesia Jatim, Bank Mandiri Syariah

 No. A/C : 750.000.7898

Dapatkan Potongan Rp 200.000 bagi calon peserta disemua pelatihan IAI Wilayah Jawa Timur yang mendaftar minimal 5 Orang